CARI DISINI?

Monday, February 28, 2011

Adu 5 Ponsel Musik yang Murah

Ponsel musik kini juga sudah ada yang berlevel low end alias berharga murah. Meski begitu kemampuan fitur di dalamnya tidak bisa dianggap sebelah mata. Dan ada 5 vendor ponsel papan atas di Indonesia yang sudah mengeluarkan ponsel musik low end seri terbarunya. Yaitu Nokia 5130 Xpress Music, Sony Ericsson W205, LG GM200, Samsung M3510 Beat B dan Motorola ROKR EM30. Mana yang layak dipilih ?

Nokia 5130 XpressMusic
Ponsel ini memiliki dua pilihan warna, yaitu hitam-merah dan hitam biru. Kamera 2 megapiksel di ponsel ini didukung fasilitas seperti Digital Zoom, Landscape Mode, Colour Tone, White Balance dan Light Sensitivity. Sayangnya lampu flash tidak disertakan. Untuk merekam video kecepatannya 15 fps, tapi resolusi videonya mencapai 640 x 480 piksel.

Music Player di ponsel ini didukung fasilitas Equalizer dan Stereo Widening. Saat memutar lagu, suara dari speaker di bodi belakang terdengar cukup jernih dan nyaring meski dalam volume maksimal. Ponsel ini menyematkan tombol musik di bodi samping kiri. Ada juga lubang masukan headset berjenis Jack 3,5 mm. Tidak lupa Bluetooh A2DP agar bisa mendengarkan lagu bersuara stereo via Bluetooth Headset.

Ponsel ini menyediakan Bluetooth dan kabel data berjenis Micro USB untuk terkoneksi dengan perangkat lain. Ponsel ini juga mensuport TV Out, sehingga tampilan di layar ponsel bisa terlihat di TV. Tapi kabel TV Out-nya harus dibeli terpisah.  Untuk menyimpan berbagai macam file, disediakan memori internal 30 MB dan slot memori eksternal berjenis MicroSD yang mensuport hingga 2 GB. Dalam paket penjualannya disertakan kartu MicroSD 1 GB.

5130 mensuport jalur GPRS dan EDGE untuk akses internet. Setingan internet bisa secara otomatis. Selain menyediakan browser buatan sendiri (Nokia Web Browser), juga ada Opera Mini browser. Fitur hiburan yang disediakan ponsel ini yaitu Video Player, FM Radio, Voice Recorder dan 2 games. Selain itu ada juga fitur Alarm Clock, Calendar, To-Do List, Notes, Calculator, Countdown Times, Stopwatch, Dictonary, dan World Clock

Sony Ericsson W205
W205 berdesain geser dengan bahan plastik kesat di hampir seluruh bodi. Bobotnya terasa ringan. Ponsel ini berkamera 1,3 megapiksel yang dilengkapi fasilitas seperti Frame, Night Mode, Self Timer, Effect, White Balance, Picture Quality, Shutter Sound, Time and Date. Sayangnya tidak ada lampu flash. Hasil rekaman videonya terlihat agak kurang tajam.

Music Player di W205 yang disebut Walkman player didukung fasilitas Shuffle, Loop, Playlist dan Visualisation, tapi tanpa Equaliser. Suara lagu yang keluar dari speaker di atas layar terdengar nyaring dan tidak pecah. W205 menanamkan fitur TrackID, untuk mengetahui info seputar lagu yang didengar (judul, penyanyi dan lainnya). Juga disediakan tombol Walkman dan tombol musik yang jadi satu dengan tombol navigasi 5 arah. 

Untuk mentranfer lagu antar ponsel atau ke komputer, disediakan jalur Bluetooth dan kabel data, Sayangnya Bluetooth tidak mensuport A2DP. Untuk kabel data berbentuk Pop port - USB. Kapasitas memori internal ponsel ini hanya 5 MB. Makanya W205 juga menyiapkan slot memori eksternal berjenis Memory Stick Micro (M2) yang suport hingga kapasitas 2 GB. Sayangnya dalam paket penjualan tidak disertakan kartu M2. W205 menyediakan jalur internet GPRS dan EDGE. Setingan internet semua operator GSM di Indonesia sudah disediakan, tinggal dipilih secara manual. Ponsel ini didukung browser Opera Mini. Tapi juga ada browser dari Sony Ericsson sendiri.

Ponsel ini menyiapkan fitur hiburan lain yaitu Video Player, FM Radio dan Record Sound, dan 2 game. W205 juga menyediakan fitur Torch, yaitu lampu senter yang sinarnya berasal dari layar ponsel. Selain itu juga ada fitur Alarms, Calendar, Torch, Tasks, Notes, Timer, Stopwatch, Calculator


LG GM200
Ponsel ini dilengkapi dua speaker di sisi kanan-kiri plus speaker subwoofer di bodi belakang. Suara yang dihasilkan speaker nyaring dan jelas. Ada tombol shortcut FM radio dan tombol musik di samping kanan bodi. Di sisi atas terdapat port jack 3.5 mm.  Music Player di ponsel ini ditambahkan Dolby Mobile Engine untuk mendukung kualitas suara, plus Equaliser. Mendengarkan musik bisa via headset ber-port jack 3,5 mm atau Headset Bluetooth (Bluetooth A2DP).

Ponsel ini membenamkan kamera 2 megapiksel. Kamera ini didukung fasilitas Timer, Multishoot, Effect, dan White Balance. Saat merekam video, dihasilkan video beresolusi 176x144 piksel. Kecepatan perekaman video 15 fps.

Untuk terhubung dengan ponsel lain atau ke komputer, ponsel ini dibekali Bluetooth dan kabel data. Ponsel ini menyiapkan memori internal 14 MB. Untuk meningkatkan kapasitas memori bisa dibantu memori eksternal berjenis MicroSD yang mensuport hingga 2 GB. Sayangnya dalam paket penjualan tidak disertakan kartu MicroSD. Ponsel ini menyediakan jalur akses internet berupa GPRS dan EDGE. Untuk browser-nya mengandalkan browser bawaan ponsel. Tapi sudah didukung fasilitas link Yahoo! Go.

Ponsel ini menyediakan Radio FM yang untuk mengaktifkannya tidak perlu menancapkan headset terlebih dahulu. Bisa juga merekam siaran radio yang didengarkan. Juga ada fitur Video Player, Games dan Voice Recorder. Fitur unik lainnya yaitu Ringtone Creator (memotong lagu untuk dijadikan ringtone) dan Smart Profiling (mengatur volume ringtone secara otomatis via sensor suara yang mengenali keadaan di sekitar). Selain itu juga ada Calendar, Memo, To do, Alarm clock, Calculator, Stopwatch, Unit Converter dan World Clock

Samsung M3510 Beat B
Ponsel ini memiliki bodi yang terbilang tipis dan ringan. Kamera 2 megapiksel di ponsel ini dilengkapi fasilitas Night Mode, Multishot, Timer, Effect, Frame dan White Balance. Tapi tidak ada lampu Flash. Saat merekam video, ukuran resolusi videonya 176 x 144 piksel. Kecepatan rekamnya 15 fps.

Ponsel ini menyediakan 3 tombol musik di bawah layar. Suara speaker-nya terdengar cukup jernih. Ini karena didukungan teknologi DNSe Sound plus Equalizer. Tapi, volume suara speaker kurang keras meski volume sudah maksimal. Ponsel ini menyediakan Music Recognition yang fungsinya mirip Track ID milik Sony Ericsson. Selain mensuport Headset Bluetooth (A2DP), juga ada lubang headset berjenis Jack 3,5 mm. Untuk mengganti lagu yang sedang diputar cukup dengan menggoyangkan ponsel, karena didukung sensor gerak.

Ponsel ini dibekali Bluetooth dan kabel data. Untuk Bluetooth sudah mendukung A2DP sehingga bisa mengalirkan suara stereo lagu yang diputar di ponsel ke Bluetooth Headset. Ponsel ini memiliki memori internal 60 MB. Kapasitas ini bisa ditambah dengan bantuan slot Micro SD sebagai memori eksternal. Slot ini bisa mensuport hingga 4 GB. Sayangnya dalam paket penjualan tidak disertakan kartu MicroSD.Untuk terkoneksi ke internet ponsel ini mengandalkan jalur GPRS, HSCSD dan EDGE. Untuk browser-nya hanya menyediakan browser bawaan ponsel ini. 

Ponsel ini dibekali FM Radio yang bisa sekaligus merekam siaran radio. Ada juga fitur Image Editor, Voice Recorder dan Games. Fitur lainnya yaitu Converter, Stopwatch, Calendar, Memo, Task, World Clock, Calculator, Timer dan Alarm. Ada fitur unik lainnya yaitu dapat mengubah setingan Profile menjadi silent pada saat ada panggilan masuk dengan bantuan sensor gerak. Caranya tinggal menaruh ponsel dengan posisi layar menghadap ke bawah. Juga ada games bersensor gerak, cara bermainnya dengan mengoyangkan ponsel.

Motorola ROKR EM30
Ponsel ini berbodi agak melebar. Tombol keypad didesain rata, tapi tetap perlu ditekan agar berreaksi. Tombol keypad berbahan plastik glossy licin. Nyala backlight pada tombol keypad bisa bergantian antara fungsi menelpon dan musik. Untuk fungsi menelpon tombol angka/huruf berwarna biru yang akan menyala. Dan jika Music Player aktif, tombol-tombol musik yang akan menyala berwarna merah. Untuk mengoperasikan Music Player, cukup gunakan tombol musik tersebut. Fasilitas pendukung yang disediakan yaitu Playlist, Shuffle, Auto Repeat, Equalizer, Bass Bosst dan 3D Stereo.

Suara yang keluar dari speaker di bodi belakang bawah terdengar jernih namun kurang begitu nyaring. Bisa juga mendengarkan lagu via headset berkabel via slot jack 3,5 mm, atau bisa menggunakan Bluetooth headset (Bluetooth A2DP). Ponsel ini memiliki fitur Song ID yang fungsinya sama dengan Track ID milik Sony Ericsson.

Ponsel ini dibekali kamera 2 megapiksel yang dilengkapi fasilitas Digital Zoom, Night Mode, Style, Auto Timer, Multishot, Shutter Tone dan Quality. Ada juga fitur Rotate, Mirror, Crop, Resize dan Style untuk mengedit foto. Saat merekam video, dihasilkan video berresolusi 144 x 176 piksel.

Agar bisa mentranfer lagu atau file lain ke ponsel lain bisa menggunakan Bluetooth juga kabel data USB. Memori internal ponsel ini 27,7 MB, namun dalam paket penjualan sudah menyertakan kartu MicroSD berkapasitas 1 GB. Slot MicroSD nya sendiri mensuport hingga kapasitas 8 GB. Ponsel ini mensuport jalur akses data GPRS dan EDGE. Untuk browser-nya selain dari bawaan ponsel ini, juga disediakan Opera Mini browser. Ponsel ini juga menyediakan link Google Search dan Google Mail (Gmail).

Fitur lain di ponsel ini yaitu Ringtone Creator (membuat ringtone sendiri), Mobile Fortune Teller (meramal) dan Healthy Feeder. Di dalam Healthy Feeder ada fitur kesehatan, seperti Calorie Calculator, Body Mass Index, Fat Burning Sport Calculation, Basic Metabolism Calculation dan Slim Menu. Ada juga fitur Prayer Time Alert dan Isalmic Calender. Fitur lainnya yaitu Video Player, FM Radio, Games, Calendar, Alarm, World clock, Calculator, To do list, Notes, Ringtone creator,



Nokia 5130 Xpress Music
Sony Ericsson W205
LG GM200
Samsung M3510 Beat B
Motorola ROKR EM30
Harga
RP 1.105.000
Rp 1.000.000

1.175.000
Rp 1.000.000
Rp 1.265.000
Jaringan
GSM (850/900/1800/1900 MHz)
GSM (900/1800 MHz)
GSM (900/1800/1900 MHz)
GSM (900/1800/1900 MHz)
GSM (850/900/1800/1900 MHz)
Dimensi
10,7 x 4,6 x 1,48 cm
9,2 x 4,7 x 1,64 cm
10,6 x 4,8 x ,144 cm
10,9 x 4,6 x 0,9 cm
11,5 x 5,3 x 1,06  cm
Berat
88 gram
96 gram
85 gram
68 gram
100 gram
Layar
TFT 262.144 warna, 320 x 240  piksel
TFT 65.536 warna, 160 x 128 piksel, 1.8 inci
TFT, 256.000 warna, 176 x 220 piksel, 2 inci
TFT 16 ribu warna, 240 x 320 piksel, 2 inci
TFT 262.144 warna, 320x240 piksel, 2 inci
Baterai
Lithium ion 1020 mAh
Lithium Polymer 950 mAh
Lithium Polymer 1100 mAh
Lithium Ion 800 mAh
Lithium-Ion 930 mAh

Kesimpulan :
Berdasarkan kemampuan dan kelengkapan fitur yang dikaitkan dengan harga, maka urutan ponsel yang paling layak dipilih yaitu :

1. Nokia 5130 Xpress Music
Keunggulan ponsel ini antara lain suara lagu dari speaker terdengar jernih dan nyaring. Juga mendukung TV Out. Hasil rekaman videonya berresolusi paling besar (640 x 480 piksel). Memori internalnya terbilang besar, apalagi disertakan kartu MicroSD 1 GB dalam paket penjualan. 

2. Samsung M3510 Beat B
Keunggulan ponsel ini yaitu didukung teknologi DNSe Sound. Suara lagu dari speaker terdengar jernih, meski agak kurang garang. Juga menyediakan Music Recognition. Untuk mengganti lagu bisa hanya dengan menggoyangkan ponsel. Memori internal ponsel ini paling besar dibandingkan pesaing lainnya (60 MB). Slot MicroSD-nya mensuport hingga 4 GB. Tapi dalam paket penjualan tidak disertakan kartu MicroSD. Ponsel ini juga dilengkapi Image Editor dan game bersensor gerak.

3. LG GM200
Ponsel ini didukung Dolby Mobile Engine, dua speaker dan satu speaker subwoofer. Makanya suara lagu terdengar nyaring dan jelas. Ada juga fitur Ringtone Creator dan Smart Profiling yang menarik. Sayangnya harganya agak lebih mahal dibandingkan Nokia 5130 Xpress Music dan Samsung M3510 Beta B.

4. Motorola ROKR EM30
Ponsel ini didukung Bass Boss dan 3D Stereo. Suara lagu dari speaker terdengar jernih namun kurang begitu nyaring. Slot MicroSD suport kapasitas paling besar yaitu 8 GB. Apalagi dalam paket penjualan disertakan kartu MicroSD 1 GB. Ponsel ini juga memiliki fitur menarik seperti Song ID, Ringtone Creator,  Mobile Fortune Teller, Prayer Time Alert, Isalmic Calender dan Healthy Feeder. Sayangnya harga ponsel ini paling mahal dibandingkan lainnya.

5. Sony Ericsson W205
Ponsel ini bisa melantunkan suara lagu dengan nyaring dan jernih. Harganya pun tergolong paling murah. Tapi kamera 1,3 megapiksel, paling kecil dibandingkan lainnya. Memori internalnya paling kecil (5 MB). Dan dalam paket penjualan tidak disertakan kartu M2. Ponsel ini juga satu-satunya yang tidak suport email.


Artikel Menarik Lainnya


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For blognya-gadget Blog untuk Gadget Yang di cari 2012

Harga dan spek HP terbaru